Minggu, 03 April 2011

Membuat DBGrid Berwarna Belakang

Komponen DBGrid, tentunya teman – teman tidak asing lgi dengan komonen ini. Komponen ini fungsinya untuk menampilkan isi database dari data yang kita input. Normal dari warna tampilan cell (baris) DBGrid adalah putih.
Namun jika tampilan pada DBGrid semuanya sama dan kebetulan banyak cell pada DBGrid tentunya kita akan mudah bosan jika lama – lama memandang ke Tabel tersebut (DBGgrid), Untuk itu agar para user tidak bosan terhadap tampilan tabel tersebut, kita bisa membuat tampilan DBGrid (Tabel) menajadi Kombinasi Warna Sehingga user akan lebih mudah mengecek dari tabel tersebut.
Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Tentunya sebelum melakukan Hal ini, teman – teman sudah menambahkan Komponen DBGrid diform dan komponen koneksi database, sehingga ketika diaktifkan maka data di dalam database akan tampil di DBGrid (Hal ini tidak dijelaskan lagi, sebab tentunya teman – teman sudah mengetahuinya langkah – langkahnya)
  2. Klik Komponen DBGrid kemudian pada Object Inspector Pilih Events trus pilih event DrawColumnCell klik 2 X (dua kali)
  3. Kemudian teman – teman masukan kode berikut ini :
    procedure TForm1.DBGrid1DrawColumnCell(Sender: TObject; const Rect: TRect;
    DataCol: Integer; Column: TColumn; State: TGridDrawState);
    begin
    if DBGrid1.DataSource.DataSet.RecNo mod 2 =0 then
    DBGrid1.Canvas.Brush.Color := clskyBlue; //pilih warnanya
    DBGrid1.DefaultDrawColumnCell(rect, datacol, column, state);
    end;
  4. Kalau sudah selesai coba teman – teman compile aplikasi teman – teman dengan menekan tombol F9 di keyboard, Maka akan didapat tampilan berikut ini :


Catatan :
Sesuain nama komponen DBGrid dengan nama DBGrid yang teman – teman gunakan. kalau didalam contoh ini saya tidak merubah nama dari komponen DBGrind sehingga namanya tetap DBGrid1.
Ok itu saja dulu,,, kalau ada yang salah saya mohon maaf karena saya juga masih dalam pembelajaran. Semoga Bermanfaat ya… !!!

3 komentar:

  1. mas,kalo menjumlahkan 1 field di listview gimana ya? jadi listview itu bukan tampilah data dari database, tapi dari edit ke listview . . gimana ya caranya menjumlahkan 1 field total ke label, and thanks before . .

    BalasHapus
  2. mAs kalau penjumlahan data di dbgrid giman yaaaa

    BalasHapus
  3. Mas bagaimana caranya agar data tabel yang DBGrid1 dijadikan running teks atau blink di panel dan tabel nya bisa scroll up otomatis, makasih sebelumnya...

    BalasHapus