Minggu, 03 April 2011

Animasi Teks Efek Blink Pada Delphi


Efek blink, tentu teman – teman semunya mengetahui efek ini. Efek blink adalah efek dimana teks yang diblink-kan berkedip – kedip. Didalam suatu website efek blink ini sangat banyak dijumpai, namun apakah teman – teman berpikir bagaimana membuat efek blink pada komponen label atau komponen lainnya yang ada didelphi ??? bila hal itu terjadi tentunya program atau aplikasi yang kita buat akan ada efek seni sehingga bisa mengurangi jenuh pengguna dalam menggunakan aplikasi yang kita buat.
Untuk membuat efek blink ini sebenarnya tidak begitu sulit, kita cukup menggunakan komponen timer yang disetting dan ditambah listing sehingga komponen lain yang kita inginkan dapat menjadi blink sesuai keinginan kita. Baiklah tanpa basa basi lagi kita langsung saja ke TKP :
  1. Buka Program Delphi, Tentunya teman – teman sudah tahu. Kalau belum tahu ini caranya : Klik Start => All Programs => Borland Delphi => Delphi 7.0
  2. Tambahkan 1 buah komponen label dari kategori standard pada form1, atur captionnya sesuai keinginan kami, misal disini Borland Delphi, atur property font menjadi name=’lucida Console’, dan size=16
  3. Sesuaikan ukuran form dengan komponen label, atau sesuai dengan keinginan kamu
  4. Tambahkan 1 buah komponen Timer dan atur property intervalnya menjadi 100
  5. Kemudian Klik 2X (dua kali) komponen timer dan anda masukan listing berikut ini
    Procedure TForm1.Timer1Timer (Sender:TObject);
    begin
    if Label1.visible=true then
    label1.visible:=false
    else
    label1.visible:=true;
    end;
  6. Jalankan aplikasi yang anda buat dengan menekan tombol F9 pada keyboard, dan litah hasilnya
Catatan :
Jika ingin mengubah kecepatan berkedip teks, cukup anda atur besar kecilnya property interval milik komponen timer.
Jika teman – teman benar melakukannya maka saat dijalankan akan tampil seperti ini : (Klik gambar untuk meihat dengan jelas efek blink-nya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar